Tuesday 31 July 2018

MENANTU KESAYANGAN ROSULULLOH SAW

Abu Ash itu menantu Nabi yang paling lama masuk islamnya, sampe2 harus pake ditawan dulu dalam perang badar, tapi belum mengaku iman juga.. Tapi justru dialah yang jadi menantu kesayangan Nabi yang dibangga-banggakan Nabi pada menantu Nabi yang lainnya..

Ali & Utsman, mereka menantu Nabi yang duluan masuk islam, justru malah pernah ngecewain Nabi sebagai menantu..

Utsman, yang kemampuan diplomasi nya dan kedermawanannya sangat penting dalam perjuangan Islam, tapi dia pernah mengecewakan Nabi.. Utsman menjimak budaknya di malam kematian Ummu Kultsum yg sakit keras, padahal sebelumnya Utsman udah pernah kehilangan Roqoyyah, kakak nya Ummu Kultsum yang meninggal dan akhirnya turun ranjang ke Ummu Kultsum.. 😢 Nabi kecewa, sampai-sampai saat pemakaman Ummu Kultsum, Nabi sengaja nyindir Utsman dengan berkata: "Yang malam ini tidak menjimak budaknya, dialah yang boleh memasukkan mayat Ummu Kultsum ke liang qubur." Dan saat itu, hanya Abu Tholhah yang tidak menjimak budaknya dan memasukkan jenazah Ummu Kultsum ke liang qubur. Yaa bisa kebayang lah yaa gimana hatinya Nabi saat itu, aku aja pasca mengkaji hadist ini di Bukhori, bawaannya pengen nangis terus.. Bahkan saat ini masih galau untuk menderes hadist tentang kisah wafatnya Ummu Kultsum ini..
_
Ali, yang selalu Nabi banggakan dalam segi keilmuan dan perjuangan Islam, tapi juga pernah jadi menantu yang bikin Nabi kecewa.. Ali sempat pernah pengen berpoligami dgn putrinya Abu Jahal..☹
_
Sementara Abu Ash,, dia selalu berusaha membahagiakan Zainab dan menepati janjinya pada Nabi.. Saat ditawan dalam perang badar dan akan ditebus oleh Zainab dengan kalung pemberian ibu Khodijah, Abu Ash bisa melihat kesedihan di wajah Nabi dan Zainab karena kalung dari Ibu Khodijah itu sangat berharga bagi istrinya dan mertuanya.. Hingga orang iman pun akhirnya ikhlas melepaskannya tanpa tebusan..Walau saat itu dia masih kafir, dia berjanji akan mengantarkan Zainab kepada Nabi.. Saat ingin mengakui bahwa dirinya Islam, dia melepaskan Zainab dulu pada Nabi di Madinah.. Dia menerima dan menghargai keputusan Allah bahwa pernikahan mereka harus berakhir karena perbedaan agama.. Namun dia tetap setia pada Zainab dan tidak mau menikah lagi.. Zainab pun demikian, dia tidak menikah.. Enam tahun setelah itu, saat Abu Ash sudah memantapkan hatinya pada Allah, dan mengikhlaskan Zainab karena Allah, dia kembali ke Madinah untuk mengaku Islam.. Namun di perjalanan malah ketangkap lagi.. Mendengar Abu Ash ketangkap, Zainab langsung memohon pada Nabi untuk memberi jaminan kebebasan pada Abu Ash.. Namun saat itu Abu Ash malah jadi takut mengakui keislamannya.. Dia takut Nabi menyangka dia Islam hanya untuk dibebaskan dan bisa kembali pada Zainab.. Jadi saat dia sudah dibebaskan dan kembali ke mekkah, barulah dia mengumumkan keislamannya pada qoum quroisy.. Dan akhirnya Zainab dan Abu Ash bersatu lagi berkat izin Allah.. 😍 Maa Syaa Allah..  Dua2nya sama2 meninggal husnul khotimah.. Walau Abu Ash berada dalam islam cuma sekitar 1-2 tahun.. Alhamdulillah, beliau menutup hidupnya dengan cahaya keimanan dan ketenangan bersama Zainab.. Itu Abu Ash, dia membuat perjanjian pada Nabi, dan menepati janjinya..

Himah yang diambil dari kisah2 ini banyak..

Tapi sesuai judulnya, belajarlah jadi menantu yang baik..


  1. Jadi emang menarik perhatian mertua gak cukup dengan faham urusan agama aja, tapi juga harus dengan komitmen dan pembuktian.. *Ini berlaku utk menantu laki-laki maupun menantu perempuan!*

No comments:

Post a Comment

Please, Amalsholih, Tolong Bantu saya Klik Iklan di blog ini yaa.. Semoga yang nge-klik iklan diberi kesehatan dan rizqi yang barokah..

Please click the ad sense! May Allah bless you.. 😇

window.setTimeout(function() { document.body.className = document.body.className.replace('loading', ''); }, 10);